Posted on

Protokol pemijatan lutut ini didirikan berdasarkan penelitian yang menghubungkan Pedoman untuk Berlatih Pijat-Diri: Protokol Langkah-demi-Langkah

otot paha depan dengan osteoartritis lutut. Stroke pijatan yang dipilih untuk intervensi ini adalah meluncur dalam (effleurage), mengetuk (tapotement) dan gesekan.

Gunakan akal sehat saat mengikuti arahan dan sesuaikan bila perlu. Misalnya, jika seseorang mengalami kesulitan menggunakan tumit tangan yang disarankan, sarankan mereka menggunakan dua tangan, satu tangan di atas pendekatan lain.

Kenakan pakaian longgar yang nyaman yang memungkinkan akses mudah ke paha.

Pertahankan postur dan keseimbangan yang baik.

Teknik ini dapat dilakukan dengan aman pada kulit dengan atau tanpa pelumas, atau di atas sebagian besar pakaian kecuali jeans, wol atau korduroi.

Gerakan Goyang: Maju dan mundur selama setiap gerakan luncur yang dilakukan dengan tumit tangan menggunakan bobot tubuh bagian atas daripada otot lengan. Ini melindungi lengan dan pergelangan tangan dari penggunaan yang berlebihan. Ini dicapai dengan memegang lengan dan tangan, tertekuk di pergelangan tangan, dalam posisi sambil memberikan tekanan dalam sambil bergoyang ke depan dan ke belakang dengan setiap gerakan meluncur ke otot paha depan paha. Juga, jaga agar telapak kaki rata di lantai untuk stabilisasi lutut.

Lima langkah pertama termasuk fase pemanasan untuk meregangkan tubuh bagian atas dalam persiapan untuk memijat otot-otot paha depan dengan aman.

Pemanasan meliputi: Tiga napas dalam> Tiga mengangkat bahu alternatif> Tiga mengangkat lengan alternatif ke bahu> Tiga mengangkat lengan alternatif ke langit-langit> Tiga mengangkat lutut alternatif

Sapuan pijatan untuk digunakan: Pijatan pijatan dalam (effleurage) —yang dilakukan dengan atau tanpa pelumasan — berfungsi untuk melembutkan dan memperpanjang serat otot. Tumit tangan sangat ideal, tetapi buku-buku jari, lengan atau siku dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan klien atau hasil yang diinginkan.

Penyadapan (tapotement) diterapkan dengan kepalan longgar untuk merangsang sirkulasi dan menghangatkan jaringan lunak.

Stroke gesekan diterapkan tanpa pelumasan dengan menekan jari dengan kuat ke dalam jaringan dan menekan area kecil sambil menggerakkan jaringan maju dan mundur menggunakan stroke pendek.

1. Mengetuk Paha ke Paha Anterior

Ketuk kedua tangan dengan kepalan tangan tertutup yang lembut secara bersamaan di atas, lalu tengah, lalu paha bawah. Ulangi 10 kali.

Ulangi urutan tiga kali, ambil tiga napas dalam-dalam.

2. Paha Depan Meluncur

Duduk, bergerak pinggul ke depan, rentangkan kaki kanan dengan kaki rata di lantai dan letakkan tumit tangan kanan di atas paha kanan. Meluncur ke bawah menggunakan tumit tangan. Akhiri di bagian atas lutut dan lepaskan. Bawa tangan kembali ke posisi awal. Ulangi urutan ini 5 kali.

Sekarang ulangi urutan yang sama di kaki kiri, menggunakan tangan kiri.

3. Diluar Paha Meluncur

Tempatkan tumit tangan kanan di atas paha kanan luar. Meluncur turun di luar paha. Akhiri di bagian atas lutut dan lepaskan. Ulangi urutan ini 5 kali.

Sekarang ulangi urutan yang sama di kaki kiri, menggunakan tangan kiri Anda.

4. Glide Paha Bagian Dalam

Duduk, letakkan tumit tangan kiri di paha kanan bagian dalam atas. Meluncur ke bawah dengan tumit tangan. Berakhir di atas lutut dan lepaskan. Ulangi urutan ini 5 kali.

Sekarang ulangi urutan yang sama di kaki kiri, menggunakan tangan kanan Anda.

5. Gesekan Lutut

Tanpa pelumasan, sapuan diterapkan di sekitar lutut. Tekan empat ujung jari dengan kuat ke dalam jaringan, tekan area kecil sambil menggerakkan jaringan ke atas dan ke bawah menggunakan lima pukulan pendek di sekitar lutut — bawah, luar, atas dan dalam.

6. Finishing Glide Stroke

Duduk dengan kedua kaki rata di lantai. Tempatkan satu telapak tangan di setiap paha atas. Meluncur turun di atas lutut ke luar paha dan ke atas ke posisi awal menggunakan tekanan ringan ke sedang.

Ulangi lima kali. Akhiri dengan tiga napas dalam-dalam.

Dikutip dari https://www.amtamassage.org/publications/massage-therapy-journal/knee-self-massage/

Di Translate menggunakan http://Googletranslate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *